Monthly Archives: January 2016

TAHUN BARU CHINA (IMLEK) dan SEJARAH ANGPAO

Guru Les Privat Ke Rumah mengucapkan Happy Chinese New Year

Guru Les Privat Ke Rumah mengucapkan Happy Chinese New Year

TAHUN BARU CHINA (IMLEK)

Di dalam artikel sebelumnnya saya banyak membahas mengenai pelajaran dan berbagai macam artikel mengenai pendidikan. Hari ini sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai artikel IMLEK, Ini saya mau mengucapkan Selamat Natal dan Tahun baru 2015!, Walaupun sudah lewat natal dan akhirnnya sekarang kita memasuki tahun yang baru . Nah, sekarang saya akan memasuki topic pembicaraan kita kali ini .
Tahun baru imlek merupakan perayaan terpenting Orang tionghua(Chinese).Perayaan tahun baru imlek dimulai di hari pertama bulan pertama (zhengyue)di peninggalan tionghua dan berakhir dengan CAP GO MEH Di tanggal kelimabelas (pada saat bulan purnama ).Malam tahun baru imlek dikenal sebagai CHUXI yang berarti (malam pergantian Tahun).
Dirayakan di daerah dengan populasi suku Tionghoa, Tahun Baru Imlek dianggap sebagai hari libur besar untuk orang Tionghoa dan memiliki pengaruh pada perayaan tahun baru di tetangga geografis Tiongkok, serta budaya yang dengannya orang Tionghoa berinteraksi meluas. Ini termasuk Korea, Mongolia, Nepal, Bhutan, Vietnam, dan Jepang (sebelum 1873). Di Daratan Tiongkok, Hong Kong, Makau, Taiwan, Singapura, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan negara-negara lain atau daerah dengan populasi suku Han yang signifikan, Tahun Baru Imlek juga dirayakan, dan pada berbagai derajat, telah menjadi bagian dari budaya tradisional dari negara-negara tersebut.
Sekarang kita bahas lebih lanjut mengenai sejarah dari IMLEK Atau kita sebut tahun baru ini .Sebelum Dinasti QIN tanggal perayaan,permulaan sesuatu tahun masih belum jelas .Ada kemungkinan bahwa awal tahun bermula pada bulan 1semasa Dinasti Xia,Bulan 12 semasa dinasti SHANG ,dan bulan 11 semasa dinasti Zhou di china .Bulan kabisat yang di pakai untuk memastikan kalender Tionghua sejalan dengan edaran mengelilingi matahari selalu di tambah setelah bulan 12 sejak dinasti SHANG (Menurut catatan tulang ramalan)dan Zhou (menurut Sima Qian).Kaisar pertama china Qin Shi Huang menukar dan menetapkan bahwa tahun tionghua berawal di bulan 10 pada 221SM .Pada 104SM ,Kaisar Wu yang memerintah sewakti Dinasti HAN menetapkan bulan 1 sebagai awal tahun sampai sekarang. Tahun pertama imlek/Yinli dihitung berdasarkan tahun pertama kelahiran kongfuzi,hal ini di lakukan oleh Kaisar Han wudi sebagai penghormatan kepada Kongfuzi yang telah mencanangkan agar menggunakan system, penanggalan Dinasti Xia di mana Tahun baru di mulai pada tanggal 1bulan 1 .oleh sebab itu system penanggalan ini di kenal pula dengan Kongxili.

Legenda yang di percaya oleh orang Tionghua mengenai Nian (年)

Sekarang kita bicarakan mengenai legenda yang di percaya oleh orang Tionghua.Menurut Legenda dahulu kala Nian (年) adalah seekor raksasa pemakan manusia dari pegunungan (atau dalam ragam hikayat lain, dari bawahlaut), yang muncul di akhir musim dingin untuk memakan hasil panen,ternak,dan bahkanpenduduk desa.Untuk melindungi diri mereka, para penduduk menaruh makanan di depan pintu mereka pada awal tahun.Dipercaya bahwa melakukan hal itu Nian akan memakan makanan yang telah mereka siapkan dan tidak akan menyerang orang atau mencuri ternak dan hasil panen. Pada suatu waktu , penduduk melihat bahwa Nian lari ketakutan setelah bertemu dengan seorang anak kecil mengenakan pakaian berwarna merah .Penduduk kemudian percaya bajwa Nian takut akan warna merah ,sehingga tiap tahun baru akan dating penduduk akan menggantungkan lentera dan gulungan kertas merah di jendela dan di depan pintu .Mereka juga menggunakan kembang api untuk menakut-nakuti Nian.Adat-adat pengurisan Nian ini kemudian berkembang menjadi perayaan Tahun baru .GUOnian yang berarti menyambut tahun baru secara harafiah berarti Mengusir Nian.sejak saat itu Nian sudah tidak muncul dan Nian di tangkap oleh Hongjun laozu seorang oendeta tao dan Nian jadi kendaraan pendeta tsb. Ya itu adalah asal usul mengapa pada saat tahun baru kebanyakkan orang menggenakan baju berwarna merah dan mengapa memasang lentera dan tulisan berwarna merah.

Sekarang masih seputar Imlek kita akan membahas mengenai  angpau

Dalam kebudayaan masyarakat China dan Asia, angpau (Hanzi: 紅包, pinyin: hóngbāo) adalah bingkisan dalam amplop merah yang biasanya berisikan sejumlah uang sebagai hadiah menyambut tahun baru Imlek atau perayaan lainnya. Dialek Hokkien menyebutnya angbao, Min Nan sebagai angpau, Kantonis sebagai lai see (利市/利是), Angpau umumnya muncul pada saat ada pertemuan masyarakat atau keluarga seperti pernikahan, ulang tahun, masuk rumah baru, hari raya seperti tahun baru Imlek, memberi bonus kepada pemain barongsai, beramal kepada guru religius atau tempat ibadah, dan sebagainya. Pada pesta pernikahan, pasangan yang menikah biasanya diberi angpau oleh anggota keluarga yang lebih tua dan para undangan. Masyarakat yang masih teguh memegang budaya tradisional juga menggunakan angpau untuk membayar guru dan dokter.

Angpau melambangkan kegembiraan dan semangat yang akan membawa nasib baik. Warna merah angpau melambangkan ungkapan semoga beruntung dan mengusir energi negatif. Oleh sebab itu, angpau tidak diberikan sebagai ungkapan berbelasungkawa karena akan dianggap si pemberi bersukacita atas musibah yang terjadi di keluarga tersebut.
Yang kita tahu umumnnya angpau itu kita menerima dan memberi kepada mereka yang masih muda dan belum menikah.Tetapi tahukah anda bagaimana sebenarnya sejarah angpau/Hongbao??. Sekarang yuk kita bahas sejarah tersebut Pada masa dinasti QIN Di china, Orang-orang tua biasa mengikat uang
Koin dengan benang merah .Uang itu disebut yasui qian yang berarti uang pengusir roh jahat , dipercaya bahwa dapat melindungi orang-orang tua dari kematian dan penyakit.Yasuiqian kemudian di gantikan amplop merah semenjak bangsa china menemukan metode printing .Uang tersebut selanjutnnya disebut yasui qian ,aksara sui yang di gunakan bukan berarti “Roh jahat” melainkan “Usia tua”.

Sungguh unik bukan mulai dari membahas bagaimana sejarah tahun baru sampai sejarah angpau,
Karena itu disini saya dan juga Guru-guru dari LesPRIVAT FBE, mengucapkan selamat Tahun baru…
新年快乐

Pencari dari google :