Budaya Menenun Sebagai Bentuk Cinta Terhadap Tanah Air

Budaya Menenun

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam suku dan budaya. Keragaman suku dan budaya ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang sering dikunjungi wisatawan asing. Jika anda merupakan seorang traveler anda pasti setuju bahwa hampir semua destinasi wisata terdapat wisatawan asing yang berada disana. Mereka tidak hanya menikmati keindahan alam Indonesia namun mereka juga menikmati budaya yang ada di Indonesia.

Budaya menenun merupakan salah satu incaran para wisata asing. Kita sebagai orang Indonesia hampir tidak mempedulikan budaya menenun ini. Kita seharusnya berbangga dengan kekayaan budaya yang kita miliki karena apa yang kita miliki menjadi daya tarik bagi wisatawan asing. Wisatawan asing sangat peduli dengan budaya yang kita miliki bahkan mereka rela mengeluarkan uang mereka hanya untuk melihat proses pembuatan tenunan yang ada di Indonesia.

Nusa Tenggara Barat khususnya Lombok akhir-akhir ini menjadi destinasi wisatawan local maupun mancanegara untuk melihat keindahan alam dan budaya yang ada disana. Tenunan disana sangat cantik dan menawan. Jika anda berwisata ke Lombok sempatkan diri anda untuk mempelajari tenunan khas daerah Lombok. Itu akan menjadi pengalaman yang menarik buat anda untuk bisa melihat dan mencoba menenun dengan motif khas tenun Lombok. Ibu-ibu di Lombok sudah mempelajari tenun Lombok sejak masih kanak-kanak. Keterampilan dan ketelitian merupakan hal yang menjadi pegangan para wanita Lombok. Pembuatan tenunan ini memakan waktu yang cukup lama. Untuk membuat satu tenunan yang berukuran 2 x 0,6 meter menghabiskan waktu selama satu bulan. Butuh kesabaran dan ketekunan dalam pembuatan tenun Lombok agar hasil tenunannya baik dan rapih. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Searches related to .....close